Pages

Senin, 15 Agustus 2011

Etika Bertamu

1. Beritikad yang baik
       Di dalam bertamu hendaknya yang paling penting untuk diperhatikan adalah memiliki i'tikad dan  niat yang baik. bermula dari i'tikad dan niat yang baik ini akan mendorong mendorong kunjungan yang dilakukan itu senantiasa terwarnai dengan rasa kesejukan dan kelembutan kepada pihak yang dikunjungi.

2. Tidak Memberatkan Tuan Rumah
        Hendaknya bagi seorang amu berusaha untuk tidak membuat repot atau menyusahkan tuan rumah, sebagaimana disabdakan oleh Rosulullah SAW
"Tidak halal bagi seorang muslim untuk tinggal ditempat saudaranyaitu terjatuh ke dalam perbuatan dosa, Para sahabat bertanya : "Bagaimana bisa dia menyebabkan saudaranya terjatuh ke dalam perbuatan dosa?" Beliau menjawab: "Dia tinggal ditempat sauranya, padahal saudaranya tersebut tidak memiliki sesuatu yang bisa disuguhkan kepadanya.


3. Memperhatikan Waktu Berkunjung
         Hendaknya bagi orang yang ingin bertamu juga memperhatikan dengan cermat waktu yang tepat untuk bertamu. Karena waktu yang kurang tepat terkadang bisa menimbulkan perasaan yang kurang baik dari tuan rumah bahkan tetangganya. Dikatakan oleh sahabat Annas : "Rasululloh SAW tidak pernah mengetuk pintu pada keluarganya pada waktu malam. Beliau biasanya datang kepada mereka pada waktu pagi atau sore" (Muttafaqun 'Alaihi).


4. Memberitahukan Sebelumnya
        Sebelum bertamu haruslah memberitahukan sebelumnya pada tuan rumah yang akan mengunjungi kita itu agar tuan rumah dalam kondisi siap untuk menyambut kita. Kebanyakan orang bertamu tanpa memberitahukan sebelumnya sehingga tuan rumah tidak punya persiapan untuk  menjamu tamu padahal menjamu tamu itu kesunnhan.

5. Membawa Oleh-oleh
        Di anjurkan membawa oleh-oleh pada tuan rumah sebagai sebuah tradisi yang baik agar tuan rumah merasa senang dengan oleh-oleh itu, karena siapa tahu tuan rumah dalam keadaan kekurangan, siapa tahu oleh-oleh itu nantinya juga dipake untuk menyuguhkan jamuan pada kita.






0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts