Pages

Kamis, 18 Agustus 2011

Memulai Usaha Walaupun Masih Berstatus Karyawan

  Apabila pekerjaan yang kita tekuni selama ini kurang membuat dapur mengepul, sah-sah saja kita mencari penghasilan sendiri, asalkan tidak mengganggu aktifitas pekerjaan rutin kita. Lantas bagaimana mensiasati agar kita dapat kedua-duanya, pekerjaan rutin lancar dan samoingan juga lancar, berikut tips-tipsnya :

1. Waktu Dan Karyawan
        Untuk membangun bisnis samil bekerja, memang awalnya diperlukan pengorbanan yang besar, terutama pengorbanan terhadap waktu. Untuk itulah, pengonsepan bisnis bisa dilakukan di malam hari. Kalo secara konsep sudah siap, eksekusinya bisa hari Sabtu dan Minggu. Nah, tetap kita butuh mempekerjakan karyawan agar waktu kita tidak tersita dioperasional. Sebelum kita bekerja, sudah ada pekerjaan. Seandainya kita pulang atau keluar kerja, pekerjaan tetap ada. Jadi pandanglah pekerjaan ini dengan arif.

2.  Konsentrasi.
         Konsentrasi akan terbelah itu mungkin. Komputer kan bisa multi tasking. Tapi tidak semua orang bisa berfikir banyak masalah. Tapi kalau kita bisa bijak, ya di pekerjaan kita konsentrasi di pekerjaan. Saat istirahat atau pulang kerja baru kita berfikir perusahaan sendiri. Bisa juga kalau di tengah kerja ternyata ketemu  ide bagus, ya ditulis garis besarnya dan detailkan pada sore harinya sehabis pulang kantor atau jam-jam lowong diluar kantor.
        Namun sebelum berbisnis di kantor ada banyak hal yang perlu kita lakukan/ jalankan terlebih dulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  1. Minimal kita suddah diangkat menjadi pegawai tetap atau menjadi karyawan yang di anggap lama.
  2. Memiliki hubungan yang baik dan kenal dengan banyak orang di kantor.
  3. Ridak menyalahai aturan perusahaan.
  4. Bisnis dilakukan di luar jam kerja atau saat-saat senggang yang diperbolehkan atasan.
  5. Tidak Bisnis barang atau jasa terlarang oleh hukum dan peraturan yang berlaku.
  6. Berbisnis dengan cara-cara yang simpatik tanpa memaksa orang untuk membeli.
  7. Hindari menawarkan bergabung / join MLM dengan iming-iming kaya harta melimpah  ruah.
  8. Kalau bisa aras seizin atasan langsung dan direstui leh teman-teman sekantor (rekan kerja),
  9. Hindari membawa barang dagangan dalam jumlah besar di tempat kerja. Gunakan sistem layanan antar di luar lingkungan kantor.
  10. Janan bersaing langsung pada produk yang mana sudah ada toko penjual resmi dikantor,         

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts